Delapan Tips Sehat Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Beritasatu – Agar tetap sehat dan produktif selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Praktisi kesehatan, dr Ari Fahrial Syam MD PhD FACP, mengatakan, beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat mengenai tips sehat sahur dan berbuka puasa selama Ramadan.

“Ayo semangat, jangan sampai kita tidak produktif bahkan tidak mendapat hikmah sehat saat selesai Puasa Ramadan nanti,” ungkap dia dalam keterangan pers.

Berikut, delapan tips sehat saat sahur dan berbuka puasa.

1. Sahur tetap sunahnya. Jika terlambat sahur, tetap boleh minum sampai Imsak.

2. Walau sedikit tetap ada makanan yang dikonsumsi dengan komponen lengkap ada karbohidrat bisa nasi atau kentang, ada unsur lemak dan protein bisa telur, ikan atau daging ayam. Sebaiknya dalam bentuk rebusan dan bukan digulai. Ada buah dan sayur yang dikonsumsi saat sahur.

3. Sehabis salat Subuh, sebaiknya tidak langsung tidur. Namun, kalau tetap ingin tidur, baiknya tidur dengan bantal tinggi.

4. Saat buka puasa, buka dengan yang manis-manis. Sebaiknya dari manis buah bisa dalam bentuk jus atau minimal teh manis yang encer. Konsumsi 3 buah kurma. Boleh ditambah 1 buah kue kecil.

5. Makan besar prinsipnya tetap bukan mendobelkan makan siang dengan makan malam. Porsi tetap seperti makan malam. Sebaiknya tetap menghindari makanan yang berlemak dan hindari gorengan yang berlebihan. Sunahnya makan dan minum tetapi jangan berlebihan.

6. Sayur dan buah tetap dikonsumsi saat makan sesudah Sholat Magrib.

7. Usahakan tetap mengosumsi 8-10 gelas sehari. 4 gelas saat buka sampai sholat Taraweh, 2-3 gelas setelah Sholat Taraweh dan 2-3 gelas saat bangun Sahur sampai Imsak.

8. Hal penting, selain kita memikirkan apa yang akan kita makan saat Sahur dan Berbuka kita juga bisa berbagi agar masyarakat sekitar bisa menikmati Sahur dan Buka dengan makanan yang lengkap, banyak masjid yang menyelenggarakan takjil dan sahur gratis untuk jamaah Masjid.