Desinfeksi dalam rangka penanganan COVID–19 di Puskesmas Gamping II

Puskesmas Gamping II melakukan beberapa upaya dalam rangka mencegah resiko penularan Covid – 19 yang dilakukan oleh petugas dengan didampingi oleh petugas Kesehatan Lingkungan.

  • Desinfeksi Permukaan
    • Puskesmas Gamping II melakukan desinfeksi permukaan sebanyak 3 kali dalam sehari, yaitu pada waktu sebelum pelayanan, saat pelayanan dan setelah pelayanan. Sasaran dari desinfeksi permukaan, antara lain : lantai, dinding, meja, kursi, pegangan tangga, gagang pintu. Jenis desinfektan yang digunakan untuk desinfeksi permukaan, yaitu chlorine dengan takaran 95 ml chlorine kemudian ditambah dengan air hingga volume 1000 ml.
Desinfeksi permukaan pada kursi tunggu
Desinfeksi permukaan pada pegangan tangga
  • Desinfeksi Udara Poli Batuk Pilek (Bapil) dan Ruang Tunggu
    • Jenis desinfektan yang digunakan untuk desinfeksi udara di Poli Bapil, menggunakan desinfektan dengan bahan aktif yang dianjurkan pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, yaitu Hydrogen peroxide dengan takaran sesuai dengan ketentuan dan menggunakan alat berjenis ULV. Desinfeksi udara Poli Bapil dilaksanakan setiap hari. Ruang tunggu di Poli Bapil juga dilakukan desinfeksi permukaan setiap hari dengan sasaran kursi tunggu, meja dan kursi petugas kesehatan.
Desinfeksi udara di Poli Batuk-Pilek
Desinfeksi permukaan di Ruang Tunggu Poli Batuk-Pilek
  • Desinfeksi udara ruang Puskesmas Gamping II
    • Jenis desinfektan yang digunakan untuk desinfeksi udara, yaitu Hydrogen peroxide dengan takaran sesuai dengan ketentuan dan menggunakan alat berjenis ULV. Desinfeksi udara ruang di Puskesmas Gamping II dilakukan 1 minggu sekali dan untuk Unit Laboratorium dapat dilakukan desinfeksi udara ruang tambahan jika waktunya insidentil.
Desinfeksi Udara di Ruang Poli Gigi
Desinfeksi Udara di Ruang Tata Usaha
  • Peningkatan Kebersihan Kesehatan Lingkungan Puskesmas Gamping II
    • Kebersihan kesehatan lingkungan Puskesmas Gamping II dilakukan oleh petugas yang rutin melaksanakan kegiatannya dalam rangka mencegah resiko penularan Covid – 19.  Selain itu, petugas juga melakukan pemilahan limbah medis covid – 19 yang berasal dari Poli Bapil dan limbah medis selain dari Poli Bapil.
BIN limbah medis COVID-19
Petugas menggunakan APD lengkap dalam menangani limbah medis COVID-19

Sumber : Kesehatan Lingkungan Puskesmas Gamping II

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *