GEBYAR LANSIA DAN SARASEHAN KESEHATAN

Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2018, Puskesmas Gamping 2 menyelenggarakan Gebyar Hari Lansia Dan Sarasehan Lansia pada hari jumat, tanggal 29 Juni 2018, dimulai pukul 06:00 WIB. Peringatan tersebut diselenggarakan di Taman Embung Serut, Patran, Banyuraden, Gamping, Sleman, dengan tema “Hidup Bermanfaat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera”, dengan sub tema “Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia”. Sekitar dua ratus orang senior lanjut usia (lansia) yang berasal dari wilayah Puskesmas Gamping 2 hadir dalam peringatan ini.

Rangkaian peringatan HLUN 2018 diantaranya kegiatan Gelar Senam Lansia yang dipandu oleh Erin sebagai Instruktur Senam, yang diikuti seluruh peserta kegiatan gebyar lansia, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Puskesmas Gamping 2 M. Daroji, SKM, MPH. Beliau menuturkan bahwa penting bagi kita yang sudah memasuki usia lansia untuk memelihara kesehatan kita agar tidak menjadi beban, salah satu tipsnya yaitu dengan menjalankan “CERDIK” Cek kesehatan rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stress dengan baik, Puskesmas Gamping 2 sudah memfasilitasi bagi lansia untuk memelihara kesehatan, seperti Posyandu Lansia, Senam Lansia, dll.

Camat Kecamatan Gamping Abu Bakar dalam sambutannya menjelaskan bahwa di Kecamatan Gamping akan ada program baru untuk pelayanan lansia yaitu adanya loket khusus lansia, agar lansia lebih cepat dan mudah untuk mengakses kebutuhan mereka di kantor Kecamatan Gamping, tak lupa beliau berpesan agar tetap melakukan pola hidup bersih sehat, menjaga kebersihan lingkungan dan sambung silaturahmi.  Dilanjutkan acara sarasehan kesehatan lansia berasama narasumber dr. H. Tejo Katon, Ssi Stats MBA. Peserta lansia mendapatkan informasi tentang penyakit degeratif dan pencegahannya, cara berfikir positif mensugesti diri agar tetap sehat produktif dan sejahtera, serta himbauan agar tetap melakukan aktivitas fisik, makan sayur dan buah juga cek kesehatan secara rutin. Pada akhir acara terdapat hiburan dari perwakilan Lansia yang menyumbangkan sebuah lagu yang membuat semua peserta dan tamu Lansia bergoyang dan bernyanyi bersama.

Puskesmas Gamping 2 selalu memberikan pelayanan dan edukasi kesehatan terthadap kesehatan lansia, agar tetap aktif dan produktif di usia senja. Diharapkan dari beberapa rangkaian acara tersebut dapat dicapai tujuan awal yaitu meningkatkan produktivitas dan kemandirian Lansia di Puskesmas Gamping 2, meningkatkan kesehatan dan kebugaran lansia, serta meningkatkan pengetahuan lansia tentang menjaga kondisi kesehatan di usia senja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *