Liburan yang Menyenangkan di Rumah di Masa Wabah COVID-19

Description: D:\gambar permainan anak\liburan-di-rumah-1280x720.jpg
Gambar Ilustrasi

Pandemi Covid-19  saat ini sedang merebak di berbagai belahan dunia. Kita tahu bahwa pada saat ini dunia sedang melawan bahaya virus Covid-19 tidak terkecuali negara kita tercinta Indonesia dan kampung halaman kita Yogyakarta yang berhati damai, aman dan tentram ini pun harus terusik dengan merebaknya kasus Covid-19. Penyebaran virus ini melalui dropplet sehingga menyebabkan kita harus menggunakan alat pengaman misalnya masker, menjaga jarak atau physical distancing minimal 1 meter, harus sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta tetap di rumah aja dan tidak berpergian jika tidak ada keperluan penting.

Kebijakan pemerintah agar kita tetap di rumah saja membawa dampak pada sekolah yang meliburkan anak muridnya dalam rangka menjaga jarak antar individu untuk memutus penyebaran virus Covid-19. Akibatnya adalah anak mengalami libur panjang dengan waktu yang belum dapat ditentukan sampai kapan. Anak ditugaskan untuk belajar di rumah saja.

Seyogyanya ini hanya masalah perpindahan tempat belajar yang tadinya di awasi oleh guru di sekolah namun sekarang diawasi dan didampingi oleh orang tua karena meskipun libur tetapi anak tetap diberi tugas oleh gurunya untuk dikerjakan di rumah. Liburan memang sangat dinantikan oleh siapa saja termasuk anak-anak, akan tetapi liburan yang panjang dengan tidak boleh kemana-mana bisa menimbulkan kejenuhan bagi sebagian anak. Tergantung pada aktivitas apa saja yang dikerjakan anak di rumah dan pengertian yang diberikan oleh orang tua kepada anak. Orang tua harus peka terhadap kebutuhan anaknya karena orang tua memahami karakter anaknya sehingga dapat membantu memilihkan ataupun mengawasi aktivitas anak selama liburan di rumah.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk orang tua dalam mendampingi anak yang sedang libur panjang di rumah serta jenis aktivitas yang dapat membuat anak tetap enjoy dikala berada di rumah, antara lain:

1. Berikan edukasi kepada anak mengapa ia harus tetap di rumah.

Description: G:\gambar permainan anak\berdiskusi dengan anak.jpg
Gambar Ilustrasi

Memberikan edukasi yang benar kepada anak-anak tentang kondisi saat ini sangat penting untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada anak kita dan mengajak ia untuk turut berperan serta dalam menjaga diri, mematuhi untuk tetap tinggal di rumah dan membuatnya nyaman dan tidak stres ketika liburan panjang.

2. Aktivitas berjemur/senam di rumah di pagi hari

Description: G:\gambar permainan anak\dance terapi.jpg
Gambar Ilustrasi

Berikan pengertian kepada anak kita bahwa penting untuk berolah raga dan berjemur di pagi hari agar tubuh tetap sehat dan fit. Aktivitas ini dilakukan anak bersama dengan orang tua. Untuk senam orangtua dapat mengambil video senam di internet untuk diputar bersama pada pagi hari atau sore hari sesuai yang dianjurkan yaitu minimal berolahraga 30 menit sehari. Seperti yang kita ketahui bahwa senam/dance juga merupakan salah satu terapi untuk melepaskan emosi. Pilihlah senam atau dance yang sesuai usia anak.

3. Cooking Together

Description: G:\gambar permainan anak\cooking.jpg
Gambar Ilustrasi

Ajak anak untuk memasak bersama makanan akan membuat anak lebih bahagia sembari orang tua mengedukasi anak tentang makanan sehat dan baik untuk tubuh. Memasak juga merupakan salah satu jenis dari art terapi. Makanan yang memungkinkan dimasak bersama banyak jenisnya, ada makanan sehari-hari, pizza, kue, atau makanan yang lagi hits saat ini. Ajak anak untuk mencoba membuatnya hal ini akan membuat ia tertantang untuk menyelesaikan sebaik-baiknya. Video masakannya dapat di ambil orang tua di internet.

4. Writing/ Menulis

Description: G:\gambar permainan anak\terapi nulis.jpg
Gambar Ilustrasi

Selain anak-anak belajar menggunakan buku pelajarannya, orang tua juga dapat mengajarkan anak untuk menulis apa yang dirasakannya di dalam sebuah buku. Dapat dilakukan setiap hari. Ia juga dapat menuliskan pengalamannya ketika memasak bersama, atau aktifitas apapun yang telah dilakukannya pada hari tersebut.

5. Melakukan hobi bercocok tanam/ memelihara hewan kesayangan

Description: G:\gambar permainan anak\tanaman.jpg
Gambar Ilustrasi
Description: G:\gambar permainan anak\ikan.jpg
Gambar Ilustrasi

Orang tua dapat mengajak anak untuk tetap memlihara tanaman atau memlihara ikan di rumah. Anak diberi tanggung jawab untuk merawat peliharaannya. Hal ini akan menumbuhkan rasa kasih sayang pada anak dan akan membuatnya selalu ada kegiatan karena ada yang harus ia perhatikan.

6. Coloring/ Mewarnai

Description: G:\gambar permainan anak\2.jpg
Gambar Ilustrasi
Gambar Ilustrasi

Aktivitas mewarnai ini sekarang sedang booming karena dapat dilakukan di semua usia dari anak-anak hingga lansia. Mewarnai ini memiliki efek terapi untuk mengeluarkan emosi dan memberikan rasa tenang dan santai. Jadi tidak ada salahnya orang tua membelikan anak buku yang sudah ada temanya untuk diwarnai atau mengambilnya di internet dan mencetaknya.

7. Membuat video aktivitas harian anak/menonton film kesukaan bersama.

Description: G:\gambar permainan anak\video.jpg
Gambar Ilustrasi

Orang tua dapat menyarankan kepada anak agar ketika ia ada waktu senggang, maka apa yang ia lakukan divideokan. Misalnya saat memasak bersama, memelihara tanamannya atau aktifitas lainnya. Dan ia akan menonton videonya bersama sama dengan keluarga. Hal ini akan memunculkan kreatifitas anak untuk memikirkan video selanjutnya yang akan ia buat. Selain itu orang tua juga dapat juga membina kedekatan pada anak saat menonton bersama video yang di ambil dari internet.

Naah…banyak pilihannya kan ayah dan bunda aktivitas yang dapat dilakukan anak di rumah. Dampingi anak kita saat belajar ataupu melakukan aktivitasnya dan berikan reward sesekali saat ia melakukan hal yang baik akan membuat anak tetap merasa bahagia walaupun berada di rumah.

Oleh : Citra Dewi, S.Psi, Psi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *