12/01/2017

Pelayanan Puskesmas Gamping II saat Pandemi COVID-19

1. Tempat Cuci Tangan dengan Sabun bagi Pasien

Puskesmas Gamping II menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun bagi pasien yang baru datang dan akan melakukan pemeriksaan ke Puskesmas diwajibkan  mencuci tangan di bagian timur gedung.

 

2. Handsanitizer bagi Pasien

Selain tempat cuci tangan dan sabun Puskesmas juga menyediakan Handsanitizer di bagian akses pintu keluar masuk pasien, di ruang tunggu, dan di setiap Unit layanan pemeriksaan.

 

3. Skrining Pasien oleh Petugas

Sebelum pasien masuk mengambil nomor antrian petugas melakukan skrining pasien dengan menanyakan gejala atau keluhan terkait COVID-19 dan melakukan pengecekan suhu badan dengan Thermogun, bila sudah dilakukan skrining petugas memberikan nomor antrian sesuai tujuan periksa pasien.

 

4. Pemisahan Pasien Batuk Pilek

Pasien dengan gejala batuk-pilek dipisahkan dengan pasien yang tidak memiliki gejala tersebut. Pasien dengan keluhan batuk-pilek diperiksa di Unit Layanan Poli Batuk Pilek di sebelah timur gedung Puskesmas.

 

5. Pemisahan pendaftaran dan ruang tunggu pasien Imunisasi Balita

Pendaftaran imunisasi balita dilakukan secara terpisah dengan pasien sakit. Pendaftaran dilakukan di lorong barat gedung puskesmas yang langsung masuk di Unit Layanan KIA.

 

6. Penerapan Physical Distancing di Ruang Tunggu Pasien

Pasien yang berkunjung ke Puskesmas tetap menerapkan physical distancing dengan pemisahan jarak tempat duduk antar pasien. Physical Distancing dilakukan dari tahapan pendaftaran pasien hingga pengambilan obat di unit layanan farmasi.

 

7. Pemeriksaan pasien dengan menggunakan Hazmat

Setiap pasien yang melakukan pemeriksaan ke Puskesmas wajib menggunakan masker dan petugas menggunakan APD lengkap untuk mencegah penularan kepada tenaga medis.

 

8. Penerapan Physical Distancing saat pemeriksaan oleh Dokter

Saat pasien di periksan oleh dokter tetap harus melakukan physical distancing sesuai Standar yang telah di tetapkan dan berlaku untuk semua tenaga medis Puskesmas Gamping II.

 

9. Pemeriksaan Pasien Ibu Hamil

Bagi pasien kunjungan KIA dilakukan dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, untuk menghindari penularan kepada petugas dan meningkatkan keamanan kesehatan pasien yang berkunjung.

 

10. Layanan Laboratorium

Pelayanan laboratorium bagi pasien batuk-pilek dipisahkan dengan pasien lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak dengan pasien dengan gejala batuk-pilek.

 

11. Pemeriksaan pasien Batuk-Pilek

Dalam masa tanggap COVID-19 Puskesmas Gamping II melaksanakan pemeriksaan pasien dengan keluhan dan gejala batuk-pilek terpisah dengan pasien lainnya yang tidak mempunyai gejala serupa. Pemeriksaan di lakukan oleh petugas khusus di sebelah timur gedung Puskesmas.

 

12. Pelayanan Farmasi dengan menerapkan physical distancing

 Layanan penyerahan obat dilakukan dengan tetap menjaga jarak antara pasien dan petugas.