24/03/2020

PROFIL

PROFIL PUSKESMAS GAMPING II

I. Visi & Misi

  • Visi
    • ” Terwujudnya Pelayanan Kesehatan yang Bermutu, Berbasis Smart Health, Menuju Kemandirian Masyarakat dalam Bidang Kesehatan.”
  • Misi
    • Menerapkan sistem manajemen mutu akreditasi puskesmas secara konsisten dan berkelanjutan.
    • Meningkatkan ketersediaan sumber daya yang memadai.
    • Mengembangkan proses pelayanan berbasis perkembangan teknologi.
    • Memperkuat jaringan pelayanan dan jejajaring kerja dengan semua pihak yang terkait.

II. Motto

“SEHATI” maknanya adalah bahwa Puskesmas Gamping II merupakan kesatuan unit pelaksana yang tediri dari berbagai latar belakang profesi, dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya harus selalu dalam semangat satu hati, kolektifitas secara internal sebagai tim kerja puskesmas, dan harus bisa terbangun semangat Bersama dengan semua unsur lintas sektor dan masyarakat.

III. Tata Nilai

  • Profesional.

Bahwa dalam melaksanakan tugas/kewajiban harus dilandasi dengan standar pelayanan profesi yang berlaku, kompeten, berintegritas, dan responsif.

  • Bersama.

Bahwa dalam melaksanakan pelayanan dan kegiatan di puskesmas harus dalam semangat Bersama-kolektifitas untuk mencapai tujuan dan mewujudkan visi puskesmas. Bersama dalam perspektif internal adalah semua unsur sumber daya yang ada di puskesmas merupakan satu kesatuan yang harus menjadi kekuatan untuk melaksanakan tugas mulia di puskesmas. Sedangkan dalam perspektif ekternal, puskesmas harus bisa membangun kebersamaan dengan semua unsur lintas sektor, dan komponen masyarakat untuk mewujudkan kemandirian masyarakat dalam bidang kesehatan.

  • Dengan Hati.

Bahwa dalam melaksanakan tugas/kewajiban harus didasari atas rasa hati yang paling dalam, sehingga akan muncul sikap dan perilaku yang disiplin, jujur, dan berintegritas yang tinggi terhadap norma dan standar profesi serta aturan-aturan yang berlaku tanpa merasa diawasi. Namun tumbuh dari rasa tanggungjawab pribadi. Serta sikap dan perilaku yang empati, menghormati, dan melayani terhadap pelanggan puskesmas.

IV. Gambaran Umum

Wilayah kerja Puskesmas Gamping II terdiri dari 3 desa yaitu Banyuraden (8 Dusun, 22 RW, 78 RT) dengan luas 4,00 km2, Nogotirto (8 dusun, 39 RW, 120 RT) dengan luas 3,49 km2, dan Trihanggo (12 dusun, 35 RW, 99 RT) dengan luas 5,62 km2.

Batas wilayah kerja Puskesmas  Gamping II adalah:

  • Batas Utara         : Kec. Mlati, Sleman.
  • Batas Timur        : Kec. Kasihan, Bantul  dan Kec. Tegalrejo, Yogyakarta.
  • Batas Selatan     : Kec. Kasihan, Bantul.
  • Batas Barat         : Kec. Godean, Sleman.
  • Jumlah Desa, Dusun, RW dan RT

Jumlah desa wilayah kerja Puskesmas Gamping II sebanyak 3 desa dengan 28 dusun 96 RW dan 297 RT. Jumlah desa, dusun, RW dan RT wilayah kerja Puskesmas Gamping II.

Tabel Wilayah Kerja Puskesmas Gamping II Tahun 2019

No Desa Dusun RW RT
1 Banyuraden 8 22 78
2 Nogotirto 8 39 120
3 Trihanggo 12 35 99
  Jumlah 28 96 297
  • Jarak Tempuh ke Puskesmas

Jarak tempuh terjauh dari masing-masing desa ke Puskesmas Gamping II adalah:

  1. Desa Banyuraden     : ±1 km, waktu tempuh ±2 menit
  2. Desa Nogotirto          : ± 2 km, waktu tempuh ±5 menit
  3. Desa Trihanggo          : ± 3km, waktu tempuh ±6 menit
  • Data Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk pada tahun 2019  sebesar 52.232 jiwa, terdiri laki-laki 25.992jiwa dan perempuan 26.240 jiwa. Tingkat kepadatan penduduk 4.138jiwa/km2. Gambaran penduduk menurut jenis kelamin per desa terlihat pada tabel berikut :

Tabel Jumlah Penduduk Puskesmas Gamping II Tahun 2019

Desa Laki-laki Perempuan Jumlah
Banyuraden 7.982 8.089 16.071
Nogotirto 9.100 9.106 18.206
Trihanggo 8.910 9.045 17.955
Jumlah 25.992 26.240 52.232

Gambaran mata pencaharian penduduk wilayah kerja Puskesmas Gamping II cukup bervariasi dari petani, pedagang, buruh, pekerjaan formal sebagai Pegawai Negeri maupun swasta dan lain-lain. Mata pencaharian penduduk di wilayah kerja Puskesmas Gamping II terbanyak adalah buruh diikuti dengan karyawan swasta.

Jumlah penduduk perempuan lebih banyak daripada laki-laki dengan proporsi antara laki-laki dan perempuan hampir sama besarnya. Jenjang pendidikan penduduk di wilayah kerja Puskesmas Gamping II terbanyak adalah SMA atau sederajat.