Deklarasi STOP BABS Kecamatan Gamping

Gamping, Pelaksanaan kegiatan Deklarasi STOP BABS (Buang Air Besar Sembarangan) Kecamatan Gamping pada hari Rabu tanggal 24 Mei 2016. Kegiatan dilaksanakan di Resto Banyumili jln. Kabupaten desa Nogotirto kecamatan Gamping. Pada kegiatan dihadiri oleh Muspika Kecamatan Gamping yaitu dari Kecamatan Gamping, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Puskesmas Gamping I, Puskesmas Gamping II, Polsek Gamping, Koramil dan lain-lain. Kegiatan di selenggarakan mulai pukul 09.00 WIB dan acara dipimpin oleh H. Priyo Handoyo, SH, M.Si.

Dalam acara Deklarasi STOP BABS ini juga dikemukakan berbagai alasan digunakan oleh masyarakat untuk buang air besar sembarangan antara lain anggapan bahwa membangun jamban itu mahal lebih enak BAB di sungai. Hal ini menyebabkan kurang sehatnya pola hidup dimasyarakat yang masih melakukan BAB Sembarangan.

Alasan dan kebiasaan tersebut harus diluruskan dan dirubah karena akibat kebiasaan yang tidak mendukung pola hidup bersih dan sehat jelas akan memperbesar masalah kesehatan. Dipihak lain bilamana masyarakat berperilaku higienis dengan membuang air besar pada tempat yang benar sesuai dengan kaidah kesehatan hal tersebut akan dapat mencegah dan menurunkan kasus-kasus penyakit menular.

Dalam kej,adian diare misalnya dengan meningkatkan akses masyarakat terhadap sanitasi dasar dalam hal ini meningkatkan jamban keluarga akan dapat menurunkan kejadian diare sebesar 32% dan 45% dengan Perilaku CTPS.

Kemudian acara juga dilanjutkan Penandatanganan komitmen bersama STOP BABS tingkat kecamatan oleh 5 kepala Desa disaksikan oleh Ketua Forum Kabupaten Sehat Bp. Suyanto , Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas Gamping I, Kepala Puskesmas Gamping II, Kapolsek, Danramil, dan KUA. Selanjutnya diikuti penandatanganan komitmen bersama STOP BABS di masing-masing Desa oleh Kepala Dusun secara bersama-sama.