Pelatihan Konselor Sebaya

Pertemuan KIE kesehatan dan peningkatan partisipasi konselor sebaya yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Gamping II pada Senin, 9 Mei 2016 pukul 09.00 WIB s/d selesai yang diikuti peserta dari sekolah di sekotar wilayah kerja Puskesmas Gamping II. Beberapa sekolah yang mengirimkan beberapa orang siswa untuk mengikuti kegiatan ini adalah SMA Samodra, SMA N 1 Gamping, SMA Islam Gamping, SMP N 3 Gamping.

Kegiatan ini diisi oleh dr. Novi Eko Winarsih H dengan materi tentang HIV/AIDS yang meliputi pengertian HIV/AIDS, perkembangan HIV menjadi AIDS, gejala AIDS, Pencegahan serta Pengobatan. Kemudian disampaikan pula materi tentang Kehamilan Remaja oleh Eni Margiwiyati, AMd.Keb selaku penanggungjawab Kesehatan Reproduksi Puskesmas Gamping II.

Materi ini berisi tentang Penyebab kehamilan yang tidak diinginkan, kriteria ideal kehamilan, risiko kehamilan di usia muda dan kemungkinan remaja mengalami Kekerasan Tidak Diinginkan (KTD). Tujuan dari pelatihan ini diharapkan mampu meminimalisir permasalahan remaja yang terjadi sehingga seseorang yang mendengarkan permasalahan mereka akan mampu meringankan setiap masalahnya atau konselor sebagai wadah bagi mereka yang membutuhkan.