Pertemuan Evaluasi AMP (Audit Maternal Perinatal)

Gamping, Rawannya derajat kesehatan pada ibu hamil, bukan saja berakibat kepada anak yang sedang di kandungnya namun juga berdampak kepada keluarganya yang harus ekstra hati – hati dalam menjaganya. Dengan demikian, upaya peningkatan kesehatan perinatal tidak dapat dipisahkan dengan upaya peningkatan kesehatan ibu. Sebagai upaya dalam mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan semakin ditingkatkannya mutu pelayanan kesehatan kepada ibu dan perinatal ditingkat pelayanan dasar dan rujukan primer maka dikembangkan konsep Audit Maternal-Perinatal.

Audit ini dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi faktor medik, non medik dan faktor pelayanan kesehatan yang berpengaruh kepada kesakitan dan kematian ibu maupun perinatal. Maka dari itu Puskesmas Gamping II melaksanakan pertemuan evaluasi AMP yang dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2016 pada pukul 09.00 WIB s/d selesai.

Acara dipimpin oleh Yayuk Budiarti, AMd.Keb dan diisi juga oleh drg. Ernawati Ratih Dewanti yang mengisi materi tentang kesehatan gigi. Materi yang disampaikan meliputi cara menjaga gigi agar tetap bagus dan sehat, cara menggosok gigi yang benar dan prakteknya, memilih sikat gigi yang baik, perawatan gigi pada ibu hamil.

Selain itu juga disampaikan materi tentang AMP yang berisi penyampaian jumlah neonatus dengan komplikasi yang ditemukan sampai bulan April 2016 per Desa, penyampaian jenis komplikasi neonatus yang ditemukan sampai bulan april 2016, penyampaian jenis faktor resiko yang ditemukan sampai bulan april 201, faktor resiko pada ibu hamilyaitu primigravida kurang dari 20 tahun atau lebih dari 35 tahun, Anak lebih dari 4, Jarak persalinan terakhir dan kehamilan sekarang kurang dari 2 tahun, KEK, Anemi serta penyampaian materi Komplikasi pada ibu hamil, bersalin dan nifas.

Melalui kegiatan ini diharapkan para pengelola pelayanan dasar (Puskesmas dan jajarannya) dan di tingkat pelayanan rujukan primer (Rumah Sakit Kab / Kota) dapat menetapkan prioritas untuk mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi kematian ibu / maternal dan perinatal.