Tips Bugar Selama Puasa

1. Menu sahur dan berbuka yang sehat

Sangat penting untuk memilih menu makanan sahur dan buka puasa yang menyehatkan. Buatlah daftar menu untuk mempermudah ketika akan menentukan apa yang akan dikonsumsi saat buka puasa maupun makan sahur. Yang jelas kita harus mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang bergizi tinggi pada menu makanan saat puasa. kurangi mengonsumsi junkfood/ makanan cepat saji baik saat berbuka maupun sahur.

Anda juga tak boleh terlalu banyak minum es ketika berbuka. Meskipun minuman dingin sangat nikmat untuk disantap ketika berbuka, namun es dapat membuat sistem pencernaan dan sirkulasi darah bekerja semakin lambat. Karena itu banyak orang yang merasa pusing setelah minum es, terlebih setelah perut kosong selama seharian.  

2. Minum air putih yang cukup

Minum air putih juga bisa menjadi cara menjaga kesehatan saat puasa di bulan Ramadhan agar tubuh tetap bugar. Saat berpuasa, tubuh akan banyak kehilangan cairan dan akan mengalami dehidrasi. Karena itu, selama waktu berbuka sampai sahur kita harus banyak minum air putih agar kebutuhan cairan bisa tergantikan.

Hindari mengonsumsi minuman energi, lebih baik minum air kelapa yang alami untuk mengembalikan stamina tubuh. Air kelapa memiliki banyak khasiat untuk kesehatan sehingga sangat baik diminum saat berbuka.  

3. Makan sayur dan buah

Selama puasa Anda juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin. Vitamin yang baik bagi tubuh bisa didapat dengan mengonsumsi buah dan sayur saat buka maupun sahur. Makan buah dan sayur akan memberikan banyak energi selama berpuassa.

Anda juga tidak diperbolehkan tidur setelah makan sahur karena akan memperlambat metabolisme. Selain itu, hindari juga minum soda dan kopi terlalu banyak karena bisa memperburuk kesehatan.  

4. Cukup tidur

Selama bulan Ramadhan mungkin kita akan mengalami kurang tidur. Sebab banyak aktifitas yang dilakukan pada malam hari seperti harus bangun untuk makan sahur. Tetapi, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan tidur yang berkualitas.

Karena itu aturlah waktu tidur Anda sebaik mungkin. Jika sempat, usahakan untuk tidur pada siang hari agar tubuh lebih segar.  

5. Tetap berolahraga

Di bulan Ramadhan ketika menjalani puasa kita juga tetap harus menjalani olahraga. Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sekaligus akan membuat tubuh bugar selama berpuasa. Olahraga bisa memperlancar peredaran darah, melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh dan melancarkan metabolisme.

Dengan menjalani olahraga saat puasa, maka tubuh akan tetap sehat dan bugar.   Cara menjaga kesehatan saat puasa di bulan Ramadhan ini semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Dengan menjalani puasa sehat, maka ibadah yang kita jalani juga akan terasa menyenangkan.