Senam Sehat PUNGGAWA

Senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis (Margono, 2009:19). Senam dapat diartikan juga sebagai setiap bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu (Sutrisno dan Khafadi, 2010:60).

 

Senam Sehat PUNGGAWA (Puskesmas Gamping II) dilaksanakan setiap Jumat pagi dan dimulai pada pukul 07.00 WIB. Dalam rangka melaksakan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Puskesmas Gamping II bersama Karyawan serta Masyarakat selalu melakukan senam saat jumat pagi yang bertujuan menjaga kesehatan melalui pola hidup sehat salah satunya dengan senam pagi.

 

Manfaat senam pagi apabila dilakukan dengan porsi yang tepat dapat memberikan kebugaran bagi tubuh kita, Manfaat senam lainnya yaitu terjadi keseimbangan antara osteoblast dan osteoclast. Apabila senam terhenti maka pembentukan osteoblast berkurang sehingga pembentukan tulang berkurang dan dapat berakibat pada pengeroposan tulang. Senam yang diiringi dengan latihan stretching dapat memberi efek otot yang tetap kenyal karena di tengah-tengah serabut otot ada impuls saraf yang dinamakan muscle spindle, bila otot diulur (recking) maka muscle spindle akan bertahan atau mengatur sehingga terjadi tarik-menarik, akibatnya otot menjadi kenyal. Orang yang melakukan stretching akan menambah cairan sinoval sehingga persendian akan licin dan mencegah cedera (Suroto, 2004). Senam juga tidak boleh dipaksakan ketika kelelahan karena akan membuat cedera pada bagian tubuh tertentu dikarenakan kelelahan otot.

 

Antusias dari karyawan dan masyarakat semakin hari semakin bertambah karena kesadaran yang timbul dari masing-masing diri untuk selalu menjaga kesehatan melalui senam. Sebelum senam dilaksanakan beberapa dari karyawan ataupun warga juga biasanya jalan-jalan pagi di sekitar Embung dibelakang Puskesmas Gamping II. Diharapkan dari kegiatan senam dapat menimbulakan pola hidup sehat bagi masyarkat sekitar maupun karyawan Puskesmas Gamping II.

94 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini