Refleksi Akhir Tahun “PUNGGAWA” 2017

Mengakhiri tahun 2017 Puskesmas Gamping II melaksanakan kegiatan Refleksi akhir tahun yang diikuti oleh seluruh karyawan pada tanggal 10 Desember 2017 di sekitar komplek wisata Lava Tour Merapi. Acara yang dikemas dengan rangkaian Refreshing, Game, Renungan, Galang komitmen, Lounching Motto dan Tata nilai layanan, Pemilihan karyawan terbaik, Serta pelepasan karyawan, dipandu oleh tim yang melibatkan Psikolog Dewi Praba dan Siam Hanifah. Acara ini mengangkat tema “Membangun semangat -Sehati- untuk mewujudkan pelayanan berkualitas”

Kegiatan ini membawa angin segar dan perubahan baru bagi seluruh karyawan Puskesmas Gamping II, karena bisa menjadi tonggak terbentuknya komitmen seluruh karyawan Puskesmas di tahun 2018 yang akan datang. Rangkaian acara ini diawali bersama-sama dengan seluruh karyawan berkumpul di Puskesmas Gamping II pada pukul 06.30 WIB dan seluruh karyawan wajib mengisi daftar hadir sebelum keberangkatan. Dan setelah diadakan briefing oleh Kepala Puskesmas, tepat pukul 07.00 WIB rombongan berangkat ke lokasi dengan menggunakan Bus yang sudah disiapkan.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini sebagaimana ditegaskan Kepala Puskesmas pada saat acara briefing pelepasan, adalah untuk membangun dan memperkuat semangat kebersamaan, memperoleh suasana segar dan rekreatif menghilangkan kepenatan tugas keseharian, serta terbentuknya komitmen semangat “Sehati” dalam aktifitas pelayanan di Puskesmas.

Setelah kurang lebih 1 jam menempuh perjalanan tiba di titik lokasi pertama, semua peserta dibagi dalam 10 kelompok untuk menempuh perjalanan petualangan route lava tour di medan lereng Merapi dengan menggunakan kendaraan Jep yang sudah disiapkan oleh komunitas yang bekerjasama. Hampir selama 2,5 jam kami semua dibawa ke petualangan seru menggunakan Jip mengitari rute lavatour. Rute yang dikunjungi antara lain museum sisa hartaku, bunker, stone, serta trac maneuver di Kali Kuning. Seluruh karyawan tampak bersemangat dan sangat antusias.

Setelah acara lavatour seluruh peserta dipersilahkan ISHOMA yaitu mandi, istirahat, sholat dan makan siang bersama di aula yang telah disediakan sambil diiringi terapi music dan karokean. Beberapa karyawan menyumbangkan suaranya menyanyikan beberapa lagu. Capacity Building dibuka dengan menyuarakan yel yel Puskesmas yang baru, yaitu “Punggawa: semangat sehati yes..yes..yes!”  yang dipekikan oleh Tim dan diikuti oleh seluruh karyawan. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indinesia Raya “dan  mars Gamping II yang dipimpin oleh karyawan Puskesmas Gamping II yaitu Ibu Nur Imamah.

 

Setelah refleksi acara dilanjutkan dengan games dance yaitu chicken dance untuk mengembalikan suasana menjadi lebih ceria serta games leadership yang dibagi perkelompok. Kelompok yang menang akan lebih dulu mendapatkan kado silang yang sudah disiapkan dengan teknik diambilkan oleh pemimpin kelompoknya. Setelah itu acara diisi dengan pembacaan dan penandatangan komitmen oleh seluruh karyawan.

Selanjutnya pemilihan karyawan terbaik Punggawa tahun 2017 dilaksanakan dengan cara poling melalui kuisioner yang sudah dibagikan seminggu sebelumnya kepada seluruh karyawan. Setiap karyawan harus memilih 5 orang teman sebagai nominator dengan memberikan penilaian skala 1 – 5 pada lima aspek (Kedisiplinan, Kinerja, Tanggungjawab, Kerjasama, dan Komunikasi). Dari hasil tersebut terpilih 3 karyawan terbaik Punggawa 2017 sebagai berikut;  Galih Risky Aswanto, Amd (Petugas IT)  sebagai karyawan terbaik I,  Femi Purbaningrum, Amd.Keb sebagai karyawan terbaik II, dan dr. Novi Eko Wati.H sebagai karyawan terbaik III. Selanjutnya ketiga pemenang tersebut selama 2 tahun bertugas sebagai duta-model perubahan-perbaikan dengan memotivasi karyawan yang lain. Pesan yang ingin disampaikan melalui poling ini adalah untuk membangun semangat mengapresiasi kelebihan, serta membudayakan melihat orang lain dari sisi positifnya sehingga akan terbangun kekuatan dan kebersamaan dalam keluarga Punggawa. Acara ini sangat menarik dan baru pertama kali dilaksanakan di Puskesmas Gamping II.

Notulis: Citra, Nisa, Galih

Pada acara tersebut untuk pertama kalinya dilaunching sebutan nama baru Puskesmas Gamping Dua yang tidak lain merupakan singkatan dari nama puskesmasnya sendiri yaitu “PUNGGAWA”.  Kepala Puskesmas Gamping II Bapak Muhammad Daroji, SKM, M.P.H menjelaskan pemaknaan  dari kata Punggawa yang berarti pemimpin-pemangku-perangkat dari sebuah kesatuan. Sedangkan makna motto layanan yang baru yaitu “SEHATI”  adalah bahwa puskesmas  secara internal sebagai kesatuan yang terdiri dari banyak personil dengan latar belakang yang berbeda-beda, dalam  mengemban tugas yang besar dan mulia melayani masyarakat harus selalu dalam semangat “Bersama”, dan secara eksternal dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan masyarakat harus bisa terbangun semangat “Bersama” dengan semua komponen lintas sector dan masyarakat. Karena dengan semangat Bersama itulah akan terbentuk kekuatan besar guna mencapai tujuan. Selanjutnya dari motto tersebut diurai menjadi 3 pilar tata nilai, yaitu Profesional, Bersama, dan Dengan Hati. “Professional” berarti bekerja sesuai dengan kompetensi dan standar operasional yang telah ditetapkan. “Bersama” mengandung makna bekerja besama-sama dan saling bergandengan tangan untuk mencapai tujuan, sedangkan “Dengan Hati” dimaknai sebagai setiap pekerjaan yang dilakukan harus dilandasi dengan rasa hati yang paling dalam.

Refleksi akhir tahun berisi refleksi individu dan refleksi organisasi. Tujuan dari refleksi yang dilakukan adalah untuk merenungkan dan mengingat kembali apa saja yang sudah dilakukan selama tahun 2017, peran individu dalam pencapaian yang didapat, dan pengembalian semangat untuk lebih baik di tahun 2018. Refleksi dilakukan dengan  semua karyawan duduk melingkar bergandengan tangan, sedangkan tim pemandu yang telah ditunjuk duduk meliangkar di tengah. Untuk refleksi individu khusus dibacakan oleh psikolog diiringi dengan lantunan music instrumentalia  yang  mendukung suasana hening dan haru. Kemudian ada sesi refleksi dari beberapa karyawan tentang rencana kerja apa yang akan dilakukannya tahun depan kemudian dilanjutkan dengan refleksi secara organisasi.

Kemudian acara ditutup dengan menyanyikan lagu kemesraan dan foto bersama. Semoga di tahun yang akan datang Punggawa akan menjadi lebih baik. Kegiatan ini dilakukan selain untuk refresing dan menjalin kedekatan antara karyawan juga untuk menetapkan “goal” yang akan dicapai oleh Puskesmas Gamping Dua di tahun 2018 yaitu sukses akreditasi di tahun 2018. Bravo PUNGGAWA!!!