WORKSHOP KOMUNIKASI EFEKTIF PUNGGAWA TAHUN 2019

Dalam rangka Peningkatan Personal Kapasitas Petugas dalam Berinteraksi dengan Pelanggan / Masyarakat Puskesmas Gamping II melaksanakan Workshop Komunikasi Efektif. Komunikasi efektif adalah pertukaran informasi, ide, perasaan yang menghasilkan perubahan sikap sehingga terjalin sebuah hubungan baik antara pemberi pesan dan penerima pesan. Pengukuran efektifitas dari suatu proses komunikasi dapat dilihat dari tercapainya tujuan si pengirim pesan.

Workshop Komunikasi Efektif dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Februari 2019 di Hotel Rich Jogja mulai Pukul 13.00 WIB s.d Selesai yang diikuti oleh seluruh Karyawan Puskesmas Gamping II. Acara Workshop Komunikasi Efektif tersebut di isi sebagai pembicara adalah Lusy Laksita sebagai Profesional yang dianggap memiliki gaya komunikasi yang baik dan mempunyai pengalaman yang baik dalam bidang komunikasi.

Acara dibuka pada pukul 13.30 yang dimoderatori oleh sdri. Femi Purbaningrum, AMd.Keb dengan membaca doa menurut keyanikan masing-masing. Acara ini juga mendapat apresiasi yang baik dari Kepala Puskesmas Gamping II, Bpk. Muhammad Daroji, SKM, MPH. Menurut beliau acara semacam ini sangat baik untuk meningkatkan kapasitas pegawai dilingkungan kerja Puskesmas Gamping II dengan mengangkat tema “Peningkatan Personal Kapasitas Petugas dalam Berinteraksi dengan Pelanggan / Masyarakat”

“Pelanggan pasti akan selalu menuntut dan itu merupakanhal yang wajar. Jika kita mendapat masukan dalam rangka ingin menjadi lebihbaik kita harus membuka hati dan memperbaikinya. Bukan hanya dari aspek mutuyang akan kita lihat, apresiasi pelanggan, yang lebih penting lagi dalamkebersamaan dan suasana kerja, kita perlu kondisi yang nyaman dan optimal. Sebagaipelayanan kesehatan, tidak hanya kompetensi yang dibutuhkan, tetapi juga interaksiantarkaryawan. Dengan mengikuti kegiatan ini semoga kita memiliki keinginanyang sama untuk membuat Puskesmas Gamping II lebih baik lagi” Tutur M. Daroji.

Latar belakang terselenggaranya acara ini adalah adanya mutupelayanan yang terekam dalam survey pelanggan yang dilihat dari survey IKMeksternal yaitu 79,2% dengan kategori baik. Upaya dari teman-teman sudahmaksimal untuk mencapai target survey IKM eksternal.

Penyampaian beberapa materi oleh Lusy Laksita tentang “Komunikasi Dasar Pelayanan Prima”.

Komunikasi adalah proses pengiriman pesan darikomunikator ke komunikan. Komunikasi bisa dengan media maupun tidak. Adanyatimbal balik/respon baru disebut komunikasi.

Tujuan komunikasi adalah untuk membawa pesan dan memastikanpengertian/pemahaman.

Fungsi komunikasi yaitu membangun hubungan.

  • Jenis komunikasi ada dua yaitu komunikasi verbal dan non verbal
  • Komunikasi Verbal.

Komunikasi Verbal yaitu komunikasi yang menggunakan kata.

  • Verbal lisan/tutur.

Yang perlu diperhatikan adalah nada, volume, tempo, diksi, respon.

  • Verbal tulis yaitu berupa surat, email, pesan tertulis,  pengumuman tertulis.

Yang perlu diperhatikan adalah huruf, diksi, tanda baca, respon.

  • Komunikasi non Verbal yaitu komunikasi dengan menggunakantanda yaitu : kontak mata, sikap tubuh, pesan tubuh, jarak antar tubuh, busana.

Acara tersebut berakhir pada pukul 16.30 bersama dengan semangat Tim Punggawa untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan melalui komunikasi efektif kepada sesama karyawan maupun kepada Pelanggan / Masyarakat.

Salam Punggawa Sehati – Profesional, Bersama, Dengan Hati

155 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *